Artikel » Ensiklopedia

Kamera Ponsel Tembus Pandang

Oleh: Mardho Tilla
Rabu, 17 Oktober 2012 | 16:23:00 WIB Share
Kamera Ponsel Tembus Pandang

Kamera Ponsel Tembus Pandang:

Perkembangan teknologi tidak pernah berhenti, terlebih untuk teknologi yang digemari publik saat ini, seperti ponsel. Perangkat kamera pada ponsel kini telah menjadi satu bagian yang wajib ada. Perkembangan teknologi pada kamera ponsel pun semakin meningkat, mulai dari resolusi warna yang dihasilkan (ukuran megapixel kamera), ketajaman, dan semakin meningkat dengan ditemukannya perangkat tambahan, kamera tembus pandang.

Pada 2008 lalu, sebuah perusahaan asal Jepang, Yamada Denshi telah berhasil mengembangkan suatu perangkat tambahan untuk ponsel berkamera yang dapat mengambil gambar tembus pandang dengan teknologi sinar X.  Bahkan selain dapat mengambil gambar dalam kegelapan, alat ini juga dapat mengambil gambar di balik kain. Cara kerja alat tembus pandang ini adalah dengan mendeteksi panas sebuah objek. Dengan demikian, gambar yang dihasilkan adalah berdasarkan tingkat panas benda tersebut. Sebagai contoh, karena tubuh manusia lebih panas dibanding pakaian yang dipakainya, maka gambar yang diperoleh adalah gambar tubuh tanpa pakaian.

 Kamera tembus pandang itu bekerja pada tinta dan bahan-bahan sintetis

seperti; baju renang, baju senam, dan original silk (sutera asli). Tapi tidak berfungsi pada bahan lain seperti nilon, katun dan jins. Apabila ada tumpahan tinta di atas tulisan, dengan kamera ini kita dapat melihat tulisan yang ditutupi tinta. Kamera juga dapat menembus kabut sehingga fotografer dapat memperoleh gambar yang bagus.

Awalnya, kamera tembus pandang ini dibuat untuk keperluan pihak-pihak khusus seperti;  fotografer profesional, aparat militer, polisi, dan instansi pemerintah lainnya. Karena kamera tembus pandang ini dapat digunakan untuk mengintai musuh di malam hari, melihat wajah dari balik topeng atau kaca mata hitam. Kamera ini juga dapat memonitor tingkat polusi pada air, survei kehutanan, dan pemeriksaan keaslian dokumen atau lukisan. Namun karena resiko penyalahgunaan publik yang sangat berbahaya, maka kamera ini tidak dapat beredar dipasaran.

Bukan hanya itu, pada 2012 ini beberapa peneliti yang dipimpin oleh Dr Kenneth O dari University of Texas Dallas berhasil menemukan sebuah teknologi kamera ponsel menggunakan chip yang mampu bekerja sebagai sinar-X  dan menembus benda yang berada di balik tembok atau dinding. Kamera juga bisa mengambil gambar objek yang terhalang oleh kertas, plastik, kain, dan juga kayu sehingga teknologi baru ini memiliki kelebihan dari kamera tembus pandang dari Jepang sebelumnya. Penggunan cips ini dapat membantu para petugas keaman untuk mendeteksi uang palsu dan melihat barang apa aja yang di bawa di dalam baju dan tas.

Chip ini bekerja di jaringan Terahertz (THz) dari spektrum elektromagnetik yang selama ini belum bisa diakses oleh kebanyakan perangkat yang beredar di pasaran. Gelombang Terahertz ini berada diantara gelombang mikro dan sinar inframerah, sehingga memungkinkan kamera untuk menembus penghalang suatu objek. Cara kerjanya hampir sama dengan sinar X yang selama ini sudah sering digunakan.

Kamera ini akan digunakan dengan chip CMOS (Complementary Metal-Oxide Semiconductor) yang merupakan komponen teknologi dasar yang digunakan untuk membuat semua perangkat elektronik. CMOS memiliki harga terjangkau dan banyak digunakan dalam produk sehari-hari, seperti komputer, smartphone, tinggi definisi TV dan game konsol. Perkembangan teknologi ini sangat membantu dalam menyejahterakan umat manusia. Apabila nantinya memang akan diproduksi untuk umum, tentu perlu dipastikan kamera tembus pandang ini legal dan tidak disalahgunakan untuk keperluan negatif.

Dari berbagai sumber

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

  kode:
Iklan
Redaksi Ganto menerima tulisan
 

All copyrights property of third party used in this site and its corporate sites still owned by respective owners.