Home/ Seputar Kampus
A A A
SBMPTN UNP Aman dari Virus Ransomware Wanacry
Rabu, 17 Mei 2017 | 20:46:00 WIB Share

Universitas Negeri Padang (UNP) merupakan salah satu universitas yang menjadi penanggung-jawab Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri  (SBMPTN). Pada tahun ini, UNP mengadakan SBMPTN dalam dua basis, yakni Paper Based Test (PBT) dan Computer Based Test (CBT). Rektor UNP, Prof. Ganefri, Ph.D., menyampaikan bahwasanya SBMPTN yang digelar aman dari serangan siber virus ransomware wanacry.

“ Kita sudah mem-protect. Jadi, khusus untuk server kita dan ahli-ahli IT kita sudah bekerja. Seluruh SBMPTN seluruh  Indonesia tidak ada yang terganggu karena virus wannacry ini. CBT ini sudah di kelola oleh pakar-pakar IT dan sudah diprotect sedemikian rupa,” tegas Ganefri saat jumpa pers, Selasa (16/5).

Hal senada juga disampaikan oleh Penanggung-jawab Pelaksana Ujian SBMPTN berbasis CBT di UNP, Dr. Asrul Huda, M.Kom.. Dia mengatakan bahwa tidak ada kendala pada ujian SBMPTN CBT karena serangan virus ransomware wanacry diIndonesia. Asrul menambahkan bahwa komputer yang digunakan pada ujian CBT mempunyai sistem operasi yang aman dari virus. 

Sebagaimana diketahui, serangan ransomware wanacry telah merambah Indonesia sejak beberapa hari terakhir. Beberapa media di tanah air santer memberitakan hal tersebut. Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia memberikan imbauan terhadap ancaman virus tersebut.

Dilansir dari www.kominfo.go.idransomware wanacry adalah sebuah jenis malicious software atau malware yang menyerang komputer korban dengan cara mengunci komputer korban sehingga tidak bisa diakses kembali. 

Tahun ini, sebuah jenis ransomware baru telah muncul dan diperkirakan bisa memakan banyak korban. Ransomware baru ini disebut wannacry. Wannacry ransomware mengincar personal computer berbasis windows yang memiliki kelemahan terkait fungsi Server Messege Block yang dijalankan di komputer tersebut. 

Reporter: Lutfi Darwin

Editor: Fakhruddin Arrazzi      

Kirim komentar anda
Nama
Alamat
Email
Komentar
Security Code

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.

Iklan
menerima tulisan
 

All copyrights property of third party used in this site and its corporate sites still owned by respective owners.