Home/ Seputar Kampus
A A A
SBMPTN 2017 Juga Digelar Berbasis Komputer
Rabu, 17 Mei 2017 | 07:13:00 WIB Share

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2017 berbeda dengan SBMPTN sebelumnya. Jika tahun sebelumnya hanya berbasis kertas atau Paper Based Test (PBT), maka di tahun ini SBMPTN juga digelar berbasis komputer atau Computer Based Test (CBT).

Universitas Negeri Padang (UNP) yang menjadi panitia lokal 17 Padang menerima 440 peserta ujian berbasis CBT. CBT di UNP menggunakan 17 laboratorium komputer yang terdapat di enam lokasi, yakni Lantai 3 Gedung Rektorat, Fakultas Ilmu Pendidikan, Fakultas Ekonomi, Fakultas Teknik, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, dan Fakultas Bahasa dan Seni.

Dr. Asrul Huda, M. Com., penanggung-jawab pelaksana CBT UNP mengatakan bahwa di masing-masing lokasi berlangsungnya ujian CBT telah disediakan komputer cadangan. Misalnya, kata Asrul, di Lantai 3 Gedung Rektorat terdapat 75 komputer yang  digunakan untuk ujian dan 15 komputer lainnya sebagai cadangan. “Kalau ada komputer yang rusak, pindah saja,” ujarnya saat ditemui di Ruangan Pelaksana CBT Lantai 1 Gedung Rektorat UNP, Selasa (16/5).

Lebih lanjut, Asrul juga mengatakan bahwa tidak ada kendala yang signifikan selama pelaksanaan ujian SBMPTN berbasis CBT. Ia berharap agar penyelenggaraan SBMPTN berbasis CBT ini lebih meningkat di tahun berikutnya. “Jika labor UNP selesai (Laboratorium Terpaduu, red), maka seribu peserta bisa sekali jalan,” katanya.

Senada dengan Asrul, Rektor UNP, Prof. Ganefri, Ph.D., mengatakan bahwa tidak ada kendala yang berarti untuk ujian berbasis CBT. Hal tersebut dikarenakan aplikasi sudah sedemikian rupa sehingga tidak ada peserta yang dirugikan.

Ganefri juga menjelaskan bahwa jika terjadi disconnect pada komputer, maka waktu ujian juga turut berhenti dan soal-soal yang dijawab akan tetap tersimpan. Ia kemudian menambahkan bahwa peserta sangat antusias mengikuti SBMPTN berbasis CBT dibandingkan dengan PBT. “Dua hari dibuka, langsung penuh,” ujarnya.

Reporter: Ermiati Harahap

Editor: Arrasyd

 

Kirim komentar anda
Nama
Alamat
Email
Komentar
Security Code

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.

Iklan
menerima tulisan
 

All copyrights property of third party used in this site and its corporate sites still owned by respective owners.