Home/ Seputar Kampus
A A A
Sampaikan Pesan Moral Melalui Seni Lukis
Selasa, 16 Mei 2017 | 11:36:00 WIB Share

“Seni lukis, bukan hanya sekadar mementingkan keindahan saja. Namun, melalui seni kita bisa menyampaikan pesan moral kepada penikmatnya,” ujar Muhammad Yasir Mahasiswa Pendidikan Seni Rupa TM 2011 di sela-sela kesibukannya melayani tamu undangan pameran tugas akhirnya, Selasa (16/5).

Mahasiswa yang berasal dari Provinsi Nanggro Aceh Darussalam ini mengatakan bahwa mahasiswa seni rupa, khususnya di UNP sebaiknya mengambil tugas akhir (TA) untuk menyelesaikan pendidikan sarjananya ketimbang menulis skripsi. Hal ini menurutnya dikarenakan melalui TA, mahasiswa bisa bebas berkarya dan menyampaikan masalah-masalah sosial yang terjadi di Indonesia. “Kalau skripsi, umumnya sudah banyak diangkat oleh orang-orang sebelumnya,” jelasnya.

Pada pameran tunggalnya yang berlansung dari 16-18 Mei 2017 ini, Yasir menampilkan sepuluh karya lukisan yang bertema “Lampu Sebagai Simbol Dalam Karya Lukis Surialis”. Ia menjelaskan mengapa memilih kata lampu sebagai tema karyanya, hal itu menurutnya dikarenakan lampu merupakan lambang dari sebuah pemikiran. “Lukisan-lukisan saya mengangkat fenomena-fenomena yang terjadi di Indonesia saat ini, seperti politik, ekonomi, lingkungan, dan hukum,” ungkapnya sambil bercerita mengenai karyanya satu per satu.

Selain melakukan pameran untuk tugas akhir, karya-karya Yasir telah beberapa kali diikut sertakan dalam pameran-pameran seni lukis tingkat nasional. Salah satunya mewakili Provinsi Nanggro Aceh Darussalam pada Pameran Nusantara “Rest Area” Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan di Galeri Nasional Jakarta pada bulan maret lalu. Ia juga mengatakan pada pameran tugas akhirnya juga akan dihadiri oleh Kepala Taman Budaya Banda Aceh. “Jika semakin banyak pengunjung, maka semakin timbul rasa kepuasan dalam diri saya,” pungkasnya.

Reporter: Debi Gunawan

Editor: Arrasyd

Kirim komentar anda
Nama
Alamat
Email
Komentar
Security Code

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.

Iklan
menerima tulisan
 

All copyrights property of third party used in this site and its corporate sites still owned by respective owners.