Artikel » Citizen Journalism

Pengambilan Api dan Kirab Api Porprov ke XI

Oleh: Zardi Syahrir
Senin, 06 Desember 2010 | 17:08:00 WIB Share
Pengambilan Api

Pengambilan Api: Pengambilan Api dan Kirab Pekan Olahraga Provinsi ke XI tahun 2010 di Nagari Pariangan Kabupaten Tanah Datar, Kamis pagi ( 2/12)

Nagari Tuo Pariangan Kabupaten Tanah Datar merupakan nagari yang memiliki sumber api yang menyembur dari alam dan kiranya ini dapat memberikan semangat dan kekuatan ikatan alam menyertai komitmen kita dalam memajukan olahraga didaerah ini. Pengambilan api ini memaknai subtansi yang sangat tinggi terhadap ikatan kebersamaan diantara anak negeri, semangat kebersamaan yang dibingkai utuh oleh kekuatan sportivitas yang mengiringi seluruh pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi.

     Ini disampaikan Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno saat memberikan sambutan dalam acara Pengambilan Api dan Kirab Pekan Olahraga Provinsi ke XI tahun 2010 di Nagari Pariangan Kabupaten Tanah Datar, Kamis pagi ( 2/12). Hadir dalam kesempatan tersebut, Danlanut, Bupati Tanah Datar Shadiq Pasadique, Bupati Agam Indra Catri, Ketua Koni Sumbar, Staf Ahli Bidang Pembangunan

Ir. Surya Dharma Sabirin, Kabiro Bina Sosial Abdul Gafar,SE ,Ketua DPRD Kab .Tanah Datar dan Kab. Agam serta beberapa kepala SKPD dilingkungan Pemkab Tanah Datar. Gubernur Irwan Prayitno lebih jauh menyampaikan, pengambilan api yang selanjutnya akan dikirab dan diarak dari Nagari Tuo Pariangan kabupaten Tanah Datar hingga ke Lubuk Basung ini benar-benar mencerminkan betapa kuat keinginan kita untuk tetap memberikan ruangan seluas-luasnya bagi upaya pembinaan olahraga daerah serta mengelorakannya secara bersama-sama dengan masyarakat.

     Kita mengetahui pelaksanaan Porprov ke XI telah mengalami beberapa kali pengunduran, namun dengan semangat kolektifitas yang terbangun terhadap upaya pembinaan olahraga prestasi daerah yang akan digelar pada tanggal 5-12 Desember 2010. Pelaksanaan Porprov ke XI ini sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dimana kali ini diselenggarakan di 15 kabupaten/kota dengan 28 cabang olahraga yang dipertandingkan.

 Dengan terpencarnya penyelenggaraan Porprov ke XI diharapkan memberikan nuansa baru bagi penyelenggaraan olahraga berprestasi di daerah ini. Kita menyadari, kemenangan membutuhkan kerja keras dan komitmen kita bersama dalam pelaksanaan Porprov kali ini. Serta akan banyak tantangan dan kendala-kendala yang menyertainya. Namun demikian dengan didasari kekuatan dan potensi yang kita miliki, kita yakin semua tantangan dan halangan itu bakal dapat kita atasi secara baik dengan meraih sukses bersama-sama, ungkapnya

     Bupati Tanah Datar Shadiq Pasadique dalam kesempatan tersebut juga menyampaikan, Nagari Tuo Pariangan adalah nagari tertua tempat asal usul etnis dan budaya Minangkabau. Dari sinilah nenek moyang kita Sri Maharajo Dirajo memulai membangun Minangkabau hingga ke Luhak nan tangah di Agam, dan Luhak nan Bungsu di 50 Kota. Dan sini pulalah Datuk Ketemangungan dan Datuk Perpatih nan Sabatang yang melahirkan kelarasan Bodi Chaniago dan kelarasan

Koto Piliang. Nagari Tuo Pariangan adalah kebanggaan masyarakat Minangkabau yang harus kita bangun bersama, kita jaga kelestariannya sebagai orang Minangkabau,katanya. Sebelum Gubernur Irwan Prayitno berkesempatan meresmikan Gedung Balai Saruang, yang telah di bangun kembali sejak tahun 2008 lalu.

Menurut sejarah di nagari inilah bermukim Tumpuak Tangkai Alam Minangkabau, yaitu Datuk Bandaharo kayo bersama ninik mamak nan salapan. Dan di Balai Saruang ini Datuak Bandahoro kayo memimpin rapat dan menyelesaikan masalah yang ada di Minangkabau, sebagai dijatuhinya hukuman akhir, apabila tidak selesai di wilayah luhak nan tigo.

 Zardi Syahrir ( Humas Sumbar )

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

  kode:
Iklan
menerima tulisan
 

All copyrights property of third party used in this site and its corporate sites still owned by respective owners.