Artikel » Ensiklopedia

Smartshoes Penunjuk Arah Traveler

Oleh: Suci Larassaty (dari berbagai sumber).
Kamis, 25 September 2014 | 13:24:00 WIB Share
Smartshoes Penunjuk Arah Traveler

Smartshoes Penunjuk Arah Traveler:

Belakangan, banyak bermunculan traveler yang melakukan perjalanan pribadi maupun berkelompok. Biasanya para traveler atau yang biasa kita sebut wisatawan itu melakukan berbagai perjalanan ke berbagai tempat wisata alam baik yang menantang maupun tidak. Tempat-tempat yang sering dikunjungi biasanya adalah tempat yang akan meningkatkan adrenalin atau hanya sekadar berwisata ria. Kegiatan ini telah menjadi hobi bagi sebagian orang. Dan tentu kegiatan-kegiatan tersebut memiliki arti juga kepentingan tersendiri bagi masing-masing orang. Mereka akan beranggapan kegiatan perjalanan hanyalah sebuah penghilang rasa jenuh setelah beraktivitas dan sebagian lain memiliki kepentingan berbeda seperti mencari nafkah.

Sebagai seorang traveler atau wisatawan yang melakukan banyak perjalanan menantang tentu saja banyak hal yang harus dipersiapkan. Seorang traveler maupun wisatawan dalam melakukan sebuah perjalanan wisata maupun ekspedisi harus mempersiapkan materi, mental serta barang-barang yang berhubungan dengan keselamatan.

Dua orang pemuda asal India telah berhasil menemukan sebuah pilihan baru untuk keamanan  para traveler dalam menentukan sepatu. Sepatu pintar yang diberi nama Sepatu Lechal ini dapat membantu para traveler dalam menunjukkan arah, sehingga mengurangi resiko tersesat bagi para traveler dalam menulusuri perjalanannya.

Sepatu Lechal yang dirakit sedemikian rupa oleh sapasang sahabat yang telah akrab sejak masa kuliah hingga tamat. Krispian Lawrence dan Anirudh Sharma. Kedua pemuda ini berhasil mengembangkan sepatu yang awalnya hanya diperuntukkan bagi para tunanetra untuk petunjuk arah. Namun setelah dikembangkan kembali ternyata Sepatu Lechal ini juga mampu mengukur kebugaran tubuh seseorang dengan merekam jarak tempuh dan juga mengetahui jumlah kalori yang terbakar.

Sepatu yang kelak diprediksi akan menyaingi produk pintar lainnya seperti jam tangan dan kaca mata pintar, tengah menjadi pembicaraan hangat saat ini diberbagai media terkait teknologi baru yang memudahkan orang dalam menentukan arah jalan.

Ide kreatif dari kedua pemuda tersebut menciptakan sepatu pintar ini bermula dari beberapa turis yang akan melakukan perjalanan wisata. Para turis tersebut disibukkan dengan perangkat navigasi. Sontak kedua pemuda yang memang memiliki hobi mengutak-atik berbagai hal tersebut mendapatkan inspirasi dalam membuat sebuah sepatu penunjuk arah.

Nama Lechal berasal dari sebuah bahasa Hindi yang artinya “membawa saya bersama”. Sesuai dengan arti namanya, Sepatu Lechal itu mampu membawa penggunanya kepada jalan yang hendak dituju hanya dengan mengaktifkan koneksi Bluetooth dari Smartphone.

Para traveler akan lebih santai melakukan perjalanan karena tidak repot harus memegang Smartphone untuk melihat google maps. Sepatu Lechal secara otomatis akan menuntun pemakainya kapan waktu untuk berjalan belok dan terus berjalan lurus. Jika sepatu sebelah kiri bergetar maka pertanda pengguna tersebut harus berbelok ke jalan sebelah kiri, dan jika bergetar sebelah kanan maka traveler harus berbelok ke sebelah kanan jalan.

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

  kode:
Iklan
menerima tulisan
 

All copyrights property of third party used in this site and its corporate sites still owned by respective owners.