Artikel » Kolom

Sebuah Kehidupan

Oleh: Windy Nurul Alifah
Kamis, 25 September 2014 | 13:10:00 WIB Share
Windy Nurul Alifah

Windy Nurul Alifah: Mahasiswa Jurusan Biologi 

Tentang sebuah hidup, adalah perihal sebuah misteri yang menakutkan sekaligus menyenangkan. Tetapi kehidupan yang dijalani seseorang dari lahir hingga mati merupakan konsep yang tidak terdefenisikan oleh orang lain. Kecuali oleh si pemilik kehidupan itu sendiri.

Tergelincir di tempat licin ketika dalam perjalanan mungkin bisa ditolong karena kurang berhati-hati, tetapi tergelincir berkali-kali tanpa berhati-hati akan menimbulkan luka parah bahkan yang paling berbahaya dapat divonis cacat. Seperti itu juga kehidupan, kehidupan dapat juga mengalami cacat walaupun sudah dijalani dengan sungguh-sungguh, cacat kehidupan itu biasanya seperti putus asa yang berujung pada penyesalan hidup yang abadi.

Perihal cacat fisik, bisa saja disembuhkan dengan cara terapi, namun apabila sudah terkena cacat, pasti akan ada bekasnya. Begitupun dengan kehidupan. Setiap permasalahan di dalam kehidupan, lumrahnya akan menjadi sebuah pembelajaran diri menuju pendewasaan. Namun, dalam hal ini bagaimana cara seseorang mengendalikan serta memaknai hidup itu sendiri.

Setidaknya, seseorang sedikit banyaknya akan melalui kehidupan yang tengah dijalani. Dengan atau tanpa persoalan yang harus diselesaikan, sejatinya merupakan pencarian atas jati diri seseorang. Akankah ia akan mendapatkan pencapaian yang menjadi tujuan, atau malah sebaliknya, karena tantangan yang ditemui sepanjang perjalanan tak mampu diselesaikan. Kenyataannya, seseorang akan menemui dua hal tersebut selama mengarungi kehidupan, yakni terjatuh, dan kemudian bangun kembali.

Layaknya sebuah siklus yang berulang-ulang. Kehidupan ini seperti siklus serangkaian hidup yang terjadi secara berkali-kali secara teratur dan tidak teratur.

Tak bisa dipungkiri bahwa terkadang dalam kehidupan seseorang selalu saja menimbulkan masalah, terjerumus ke dalam permasalahan, bahkan ada yang sampai tak bisa bangkit dari permasalahan tersebut. Namun, hal ini lah yang membuat seseorang itu kuat dan juga matang sesuai daur hidupnya.

Begitulah seharusnya hidup. Kehidupan adalah sebuah takdir yang telah digarisbawahi oleh Tuhan. Hanyalah mereka yang teguh dengan berani yang mampu memerangi masalah dalam kehidupannya sendiri. Karena bayaran untuk kehidupan tidaklah mudah. Serupa kutipan yang didengungkan oleh Pramoedya Ananta Toer, Dalam hidup kita, cuma satu yang kita punya, yaitu keberanian. Kalau tidak punya itu, lantas apa harga hidup kita ini?”.

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

  kode:
Iklan
menerima tulisan
 

All copyrights property of third party used in this site and its corporate sites still owned by respective owners.