Artikel » Citizen Journalism

Kampus Hijau UNP antara Harapan dan Kenyataan

Oleh: Prof. Dr. Ermanto, M. Hum,
Rabu, 11 Mei 2011 | 15:31:00 WIB Share

Semua orang pasti sepakat bahwa lingkungan belajar akan mempengaruhi prestasi belajar. Lingkungan belajar yang nyaman dan asri merupakan salah satu aspek yang berpengaruh untuk peningkatan prestasi belajar. Sebaliknya, lingkungan belajar yang tidak nyaman dan tidak asri merupakan salah satu aspek yang berpengaruh dalam menurunkan prestasi belajar. Artinya pula, penataan lingkungan kampus kita (UNP) yang nyaman, hijau, dan asri sangat diperlukan untuk peningkataan prestasi belajar mahasiswa.

Dalam sejarah perkembangan kampus UNP, agaknya penataan lingkungan kampus agar nyaman, hijau, dan asri belum mendapatkan perhatian yang maksimal. Penataan lingkungan kampus yang menyeluruh dengan melibatkan dosen, pegawai, dan mahasiswa, agaknya pula belum kita laksanakan. Karena merasa tidak terlibat dalam penataan lingkungan, dosen, pegawai, dan mahasiswa kurang bertanggung jawab pula dalam memelihara lingkungan tersebut.

Kita yakin lingkungan kampus yang hijau, nyaman, dan asri adalah dambaan semua civitas akademika UNP. Lingkungan kampus seperti itu jelas tidak hanya didambakan mahasiswa dalam belajar, malainkan juga dibutuhkan dosen dan pegawai dalam melaksanakan tugas akademik dan administrasi.

Untuk itu pula, penataan dan penghijauan kampus UNP adalah tanggung jawab bersama. Pimpinan UNP perlu mendesain, mengatur, dan menata lingkungan kampus secara berkelanjutan dan berwawasan masa depan. Demikian pula, mahasiswa, dosen, dan pegawai bertanggung jawab memelihara lingkungan kampus yang hijau, nyaman, dan asri tersebut.

Coba kita renungkan bagaimana dengan penghijauan di lingkungan kampus kita? Untuk itu, perlu pula kita bandingkan dengan penghijauan kampus lain yang pernah kita kunjungi. Selain penghijauan, bagaimana pula dengan keberadaan taman dan bunga di sepanjang jalan utama di dalam kampus kita? Inilah yang patut kita renungkan bersama dan patut pula kita programkan untuk penataan lingkungan kampus UNP untuk masa yang akan datang.

Kini, coba kita renungkan pula kebersihan lingkungan di dalam kampus dan di dinding kampus kita. Tempat pembuangan sampah kadang masih terdapat di beberapa tempat yang tidak semestinya. Dinding kampus banyak yang ditempel berbagai pengumuman yang sepatutnya tidak layak dilakukan. Berkaitan dengan ini, tentu pula pimpinan fakultas dan universitas menyediakan tempat pengumuman yang cukup. Demikian pula toilet atau WC bagi mahasiswa tentu pula harus mendapat perhatian yang semestinya dilengkapi dan dipelihara sesuai dengan kebutuhan (jumlah) mahasiswa.

Singkatnya, lingkungan kampus yang nyaman, hijau, dan asri adalah harapan dan dambaan kita  (pimpinan, dosen, mahasiswa, dan pegawai). Kita perlu mewujudkan lingkungan itu sesuai dengan tanggung jawab masing-masing civitas akademika. Lingkungan kampus seperti itu akan membuat civitas akademika betah dan nyaman melakukan aktivitasnya. Aktivitas dan kreativitas pimpinan, dosen dan pegawai yang berkualitas akan berdampak pada kualitas dan prestasi UNP di masa datang. Hal yang lebih penting lagi, aktivitas dan kualitas mahasiswa yang berkualitas juga akan berdampak  pada kualitas dan prestasi mahasiswa UNP. (Eto)

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

  kode:
Iklan
menerima tulisan
 

All copyrights property of third party used in this site and its corporate sites still owned by respective owners.